19-May-2017

Tata Tertib Pon. Pes. Al-Ishlah


Untuk mencapai target pendidikan, yakni melahirkan kader-kader muslim yang benar dan pintar, Sholih dan Mushlih/aktifis perbaikan serta Muballigh perekat ummat yang berdedikasi  tinggi,  maka  Pondok  Pesantren Al-Ishlah menerapkan tata tertib / disiplin yang ketat, diantaranya seperti :

  1. Absensi di setiap mata pelajaran / mata kuliah bahkan disetiap kegiatan pondok termasuk kegiatan ekstra kurikuler dalam rangka kedisiplinan yang tinggi.
  2. Kewajiban bercakap   dengan bahasa Arab dan Inggris serta mengikuti kajian kitab kuning, kursus-kursus dan peatihan-pe;atihan yang diadakan dalam rangka mempersiapkan kader berkemampuan global dan berwawasan luas.
  3. Santri juga diwajibkan hafal Al Qur’an minimal 8 juz beserta terjemahannya dalam masa belajar empat/enam tahun, dengan maksud dan tujuan :
    • Sebagai alat efektif untuk mensholihkan dirinya kelak.
    • Sebagai bekal / materi tabligh / dakwah yang senantiasa melekat dibenak muballigh/muballighah (alumni Al-Ishlah).
    • Agar lebih mudah untuk bisa melanjutkan studi ke universitas-universitas yang berda di dalam dan luar negeri ( jalur beasiswa tahfizhul Quran).

Maka dengan demikian alumni Al-Ishlah akan selalu menyibukkan diri dengan Al-Qur’an ( membaca, menghafal dan muroja’ah/mengulang-ulang hafalan untuk menjaga hafalannya). Dan In Syaa Allah perbuatannyapun akan menjadi Qur’ani yang otomatis Sholih.


Untuk detail tentang Tata Tertib santri KMI Al-Ishlah, klik tautan di bawah ini

Tata Tertib Santri KMI