28-Apr-2017

Sejarah Pon. Pes. Al-Ishlah


Pondok Pesantren Al-Ishlah adalah sebuah lembaga pendidikan yang semula bernama Pondok Pesantren Miftahul Ulum (artinya : Kunci Ilmu Pengetahuan). Didirikan oleh  KH. Muhammad Ma’shum pada tahun 1970 di Desa Dadapan Kecamatan Grujugan Kabupaten Bondowoso Propinsi Jawa Timur di areal ± ½ Ha yang merupakan wakaf dari dua orang paman istrinya (Hj. Maimunah) yaitu Bapak Ridin dan Bapak Ahmad (H. A. Fathurrazi) dengan sebuah masjid yang dibangun oleh masyarakat sekitar (khususnya masyarakat Desa Dadapan Dejeh Songai), murid pertama 3 orang santri dengan sistem pendidikan tradisional  (mengaji / sorogan).

Seiring dengan perkembangan zaman melalui perubahan / perbaikan yang dilakukan oleh Pimpinan Pondok, maka pada tahun 1973 nama Pondok Pesantren Miftahul Ulum diubah menjadi Pondok Pesantren Al-Ishlah yang berarti perbaikan/memperbaiki.

Dan kini Pondok Pesantren Al-Ishlah telah berdiri di atas areal ± 10 Ha dengan bangunan-bangunan/gedung yang cukup representatif, Pondok Pesantren Al-Ishlah telah maju, tumbuh dan berkembang pesat dengan berbagai kegiatan sosial, pendidikan dan dakwah serta  berbagai kegiatan penunjang. Pondok Pesantren Al-Ishlah juga telah memiliki ratusan bahkan Ribuan alumninya tersebar ke seantero Nusantara dengan berbagai latar belakang skill dan profesinya namun hidupnya tetap berorientasi pada perjuangan perbaikan. Perbaikan Kualitas Diri, Kualitas Ekonomi dan perbaikan Kualitas Sosial Masyarakatnya sesuai tuntunan Quran dan Sunnah sehingga keberadaannya bermanfa’at bagi orang lain dalam rangka menggapai ridho Allah SWT.