01-May-2017

Profil STIT Al-Ishlah


Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Ishlah Bondowoso berada dalam komplek Pondok Pesantren Al-Ishlah yang terletak di kaki Gunung Argopuro, cuacanya yang sejuk, asri dan kehidupannya yang Islami. Lokasi kampus yang terletak 7 Km sebelah Selatan Kota Bondowoso dan 19 Km utara Kota Jember

STIT Al-Ishlah didirikan pada yanggal 17 Juli 2003 dan dideklarasikan oleh KH. Muhammad Ma’shum selaku Pimpinan Pondok Pesantren Al-Ishlah. Pengakuan Pemerintah pertama kali atas pendidikan pada Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ini tertulang dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI nomor: Dj.II/531/2003 tanggal 20 Nopember 2003. Dan pengakuan pemerintah untuk tahap ke dua tertuang dalam Surat Keputusan Direktur Jenderal Kelembagaan Agama Islam Departemen Agama RI nomor: Dj.I/557/2009. STIT Al-Ishlah kini telah mendapatkan status Terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan Surat Keputusan Nomor: 001/BAN-PT/Ak-XIII/S1/IV/2010, tertanggal 16 April 2010.

Para Mahasiswa tinggal di dalam asrama dan sebagian besar adalah mahasiswa dengan program beasiswa 50% s.d 100% yang disediakan oleh Yayasan Al-Ishlah. Bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari di dalam asrama maupun kampus adalah Bahasa Arab dan Bahasa Inggris. Dalam penyelenggaraan pendidikan STIT Al-Ishlah didukung adanya dosen dan tenaga administratif yang kompeten, hingga saat ini tenaga akademik yang menyatakan kesediaannya menjadi pembina tercatat 30 orang, dengan kualifikasi pendidikan S3 sebanyak 3 orang, S2 sebanyak 8 orang, sedang menyelesaikan S2 sebanyak 5 orang dan S1 sebanyak 11 orang.