27-Apr-2017

Keunggulan Pon. Pes. Al-Ishlah


Di antara keunggulan sistem pendidikan di Pondok Pesantren Al-Ishlah adalah:

  1. Sistem pendidikan di Pondok Pesantren Al-Ishlah memadukan 3 model unggulan yaitu;
    • Beraqidah dan bersyari’ah sesuai Al-Qur’an dan Sunnah Shohihah
    • Proses belajar mengajar dan disiplin pondok menggunakan sistem pendidikan Pondok Modern Gontor Ponorogo
    • Tata krama / adab sopan santun sehari-hari sesuai prinsip-prinsip Akhlaqul Karimah (Tradisional Islami / Salaf)
  2. Lulusan/Tamatan Al-Ishlah mempunyai prinsip hidup yang jelas benar yaitu hidup bertujuan mengabdi kepada sang Pencipta dengan berpedoman kepada petunjuk-petunjuk Allah dalam Al-Qur’an serta bertauladan kepada perilaku Rasul Allah dan senantiasa bekerja keras menegakkan haq/kebenaran dan siap berkorban, harapannya akhir kehidupannya happy ending dalam jalan Allah.
  3. Menjadi Da’i dan Muballigh/Muballighah perekat Ummat.
  4. Berbudi luhur dan senantiasa menjunjung tinggi prinsip-prinsip kesholihan serta senantiasa melaksanakan ibadah-ibadah sunnah (sholat malam, sholat dhuha, puasa senin-kamis, puasa putih, dll.)
  5. Mampu berbahasa Inggris dan Arab (ada kewajiban berkomunikasi bahasa Inggris dan bahasa Arab serta latihan berpidato)
  6. Mempunyai life skill, kemampuan management, leadership (ada pelatihan)
  7. Hafal Al-Qur’an minimal 8 juz dan terjemahannya (harfiyah dan murodiyah) dengan bacaan sesuai tajwid  dan kaidah bacaan, sebagai syarat kelulusan, adapun cara penyetorannnya  dilakukan dengan bertahap atau langsung
  8. Bagi santri lulusan/tamatan KMI bisa/dapat melanjutkan ke semua fakultas eksakta maupun sosial (Fak. Kedokteran, Fak. Teknik Perkapalan, Fak. Teknik Kimia, Akademi Militer, Akademi kepolisian, Keagamaan, Fak. Ekonomi dan fakultas-fakultas lainnya)
  9. Bagi santri lulusan STIT (Sarjana strata 1) dapat merlanjutkan beasiswa S2 dengan beasiswa di beberapa PTN/PTS di dalam maupun luar negeri
  10. Pondok Pesantren Al-Ishlah juga telah membangun kerjasama atau membuat persetujuan (MoU) dengan berbagai perguruan tinggi negeri/swasta (PTN/PTS) dalam dan luar negeri, antara lain : Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (UNAIR) , Universitas Islam Negeri (UIN), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN), UNMUH untuk seluruh indonesia, Universitas Jember (UNEJ), Universitas Negeri Malang (UNM), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), dan tentunya Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Al-Ishlah, selanjutnya untuk kerja sama luar negeri antara lain Universitas Al-Azhar Cairo, Universitas Al-Iman Yaman, Universitas Al-Auza’iy lebanon, Kolej University Islam Selangor malaysia dll., sehingga para alumninya bisa dengan mudah untuk melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi baik pada tingkatan Strata-I maupun Strata-II di berbagai perguruan tinggi terkemuka dalam dan luar negeri.